8 Buku Parenting yang Wajib Dibaca Para Orangtua Muda


Rekomendasi buku parenting ini membantu mempersiapkan diri menjadi orangtua.

Siapa sih yang tidak ingin menjadi orangtua terbaik bagi anaknya? Namun, tuntutan ini menjadi beban untuk banyak orangtua muda. Banyak orangtua muda yang merasa kesulitan karena tidak memiliki pendidikan untuk menjadi orangtua.

Di era Industri 4.0 ini, Anda sebagai orangtua muda bisa dengan mudah mendapatkan ilmu parenting dengan mudah. Banyak artikel-artikel parenting yang tersebar di internet. Sayangnya, seringkali info yang diberikan kurang lengkap atau kurang mendalam. Bahkan, ada pula yang sumbernya tidak jelas. Bisa-bisa menyesatkan, bukan?

Salah satu solusi dari perasalahan ini adalah dengan membaca buku. Tentu saja, penulisnya seorang profesional. Informasi yang Anda dapatkan akan dibahas lebih mendalam. Berikut ini beberapa buku parenting berkualitas yang wajib dibaca para orangtua muda.


 #1 Menjadi Orangtua Efektif - Thomas Gordon

Dalam buku Menjadi Orangtua Efektif, Anda tidak hanya mempelajari metode dan cara memperbaiki hubungan dengan anak, tetapi juga kapan, mengapa, dan untuk tujuan apa semuanya harus dilakukan. Teknik-tekniknya diuraikan secara rinci oleh Dr. Thomas Gordon. Ia adalah seorang ahli psikologi Amerika Serikat yang dipandang sebagai seorang pemimpin gerakan perbaikan hubungan antarmanusia. Menariknya, buku ini dilengkapi dengan ilustrasi. Jadi, Anda tak akan bosan membalik halaman demi halamannya.


#2 Jangan Membuat Masalah Kecil dalam Mengasuh Anak Jadi Masalah Besar

Anda merasa kehidupan berjalan dengan cepat dan penuh tuntutan? Pasti Anda merasa jadwal kerja di rumah atau di kantor padat. Belum lagi harus mendampingi anak melakukan berbagai kegiatan. Pasti stres, kan?

Nah, Anda dapat menemukan solusinya di buku Jangan Membuat Masalah Kecil dalam Mengasuh Anak Jadi Masalah Besar. Buku ini menawarkan saran-saran agar kita bisa makin menikmati kebersamaan dengan anak tanpa stres dan selalu hadir dalam setiap momen kehidupan mereka.⠀


#3 Bagaimana Bersikap Pada Anak Agar Anak Bersikap Baik - Sal Severe, Ph.D

Orangtua muda sering bingung dalam menghadapi anak. Kalau sudah bingung, pasti frustasi sendiri. Iya, kan?

Orangtua bertanggung jawab untuk membesarkan anak dengan tepat. Tujuannya, supaya anak bisa beradaptasi dengan baik di masyarakat sosial. Namun, karakter anak tidak bisa dipilih dan ditebak. Oleh karena itu, anak-anak perlu petunjuk serta didikan dari orangtuanya.⠀

Lewat kisah-kisah para orangtua dalam buku ini, psikolog Sal Severe, Ph.D. berharap bisa membantu sesama orangtua dalam mendidik anak.


#4 Mengembangkan Kecerdasan Emosional Anak - John Gottman, Ph.D dan Joan DeClaire

Intelligence Quotient (IQ) sering dianggap sebagai penentu utama kesuksesan seseorang. Namun, belakangan ini banyak pembicaraan bahwa intelegensia saja tidak cukup. Mengelola emosi dengan baik pun dibutuhkan. Di sinilah Emotional Quotient (EQ) berperan penting.

Apa itu EQ? Bagaimana cara mengembangkannya dalam anak? Anda dapat menemukan jawabannya di buku ini.

Buku ini bisa menjadi petunjuk untuk mengajarkan cara memahami dan mengatur dunia emosi pada anak-anak. Daniel Goleman menyebutnya sebagai kecerdasan emosi.  Dengan mengambil cerita dari hasil penelitian dan juga pengalamannya sendiri sebagai seorang ayah, Gottman menyajikan petunjuk jelas bagi orangtua tentang cara mengembangkan kecerdasan yang berasal dari hati untuk anak.


#5 Seni Berbicara Pada Anak - Joanna Faber dan Julie King


Seringkali, anak-anak sulit diajak berkomunikasi. Orangtua pun akan bingung memahami perasaan anak. Nah, buku ini membantu Anda mengatasi hal tersebut supaya anak-anak mau menurut. 

Bagi orangtua yang belum memiliki pengalaman mendidik anak sebelumnya, buku ini akan sangat membantu untuk mengatasi masalah komunikasi dengan anak. Selain itu, buku ini pun cocok dibaca untuk para pendidik anak.

#6 Mommyclopedia: Tanya-jawab Tentang Nutrisi di 1000 Hari Pertama Kehidupan Anak - Dr. Meta Hanindita


1000 hari pertama kehidupan anak adalah masa paling penting. Di masa ini, kesehatan dan tumbuh kembang anak harus dimaksimalkan. Pasalnya, masa ini memiliki dampak besar pada pertumbuhan dan perkembangan anak. Caranya, dengan memberi nutrisi yang tepat selama kehamilan dan menyusui.  

Akan tetapi, kebanyakan orangtua muda belum memahami pentingnya pemenuhan nutrisi ini. Seringkali juga terpengaruh akan mitos-mitos yang tidak bisa dijelaskan secara ilmiah. Nah, jangan khawatir. Di buku ini semua pertanyaan Anda tentang nutrisi di 1000 hari pertama anak akan dijawab oleh pakarnya, dr. Meta Hanindita, Sp.A. Jawabannya sangat jelas, mudah dipahami, enak dibaca, dan tidak membosankan.


#7 Montessori: Keajaiban Membaca Tanpa Mengeja - Vidya Dwina Paramita


Bagaimana perasaan Anda ketika ada orang yang bilang, "Anaknya sudah mau masuk SD, tapi belum bisa baca, ya?"

Sedih pastinya!

Alih-alih merasa menjadi korban mom shaming atau dad shaming, lebih baik introspeksi diri dulu. Apakah sudah mengajarkan membaca dengan benar?

Ternyata, mengajarkan anak membaca dengan teknik mengeja itu tidak efektif. Cobalah dengan Metode Montessori. Montessori merupakan suatu metode pendidikan untuk anak-anak, berdasar pada teori perkembangan anak. Metode ini diperkenalkan oleh Maria Montessori, seorang pendidik dari Italia di akhir abad 19 dan awal abad 20.

Dalam buku ini, penulis menjelaskan bahwa cara terbaik untuk mengajarkan membaca adalah dengan mengorelasikan kata dengan objek. Alih-alih mengeja dengan menyambungkan huruf-huruf, lebih baik mengorelasikan rangkaian huruf yang dibaca atau dibunyikan dengan makna yang telah ia kenal dan ia pahami.

Buku ini sangat penting dipahami oleh orangtua muda supaya anak-anak menjadi gemar membaca.


#8 Happy Little Soul - Retno Hening 


Buku yang satu ini berbeda dari buku-buku yang disebut sebelumnya. Happy Little Soul justru disajikan dengan gaya tulisan sharing ketimbang how-toBuku ini merupakan catatan pengalaman seorang ibu muda yang populer di Instagram dalam membesarkan anaknya.

Jika Anda membaca buku ini, pasti akan merasa dekat dengan penulis. Pengalaman-pengalamannya sebagian besar dialami juga oleh orangtua muda. Dari pengalaman itu, Anda sebagai pembaca buku ini bisa menyimpulkan bagaimana metode penulis dalam mendidik anaknya supaya bahagia.

* * *

Itu dia beberapa buku yang wajib dibaca para orangtua muda. Buku-buku tersebut mewakili beberapa aspek yang perlu dipahami orangtua muda. Menjadi orangtua yang hebat memang butuh proses. Seringkali, Anda justru dipaksa untuk terus belajar. Membaca buku-buku yang relevan seperti yang disebut di atas adalah salah satunya. Jangan lupa juga baca berbagai artikel di Asian Parents, situs parenting terbaik di Indonesia ya!


Sumber Gambar:
Independent.co.id - https://bit.ly/2J8RqiX


No comments:

Post a Comment

Copyright © 2014 The Bibliotherapy , Blogger